Membasmi Kutu Anjing

Membasmi Kutu Anjing



  1. Siapkan area kerja Anda. Kumpulkan semua peralatan yang Anda perlukan, handuk, sampo anjing, kondisioner khusus anjing (jika diperlukan) dan sebuah spons. Letakkan semuaperalatan ini pada posisi dekat dengan tangan Anda tetapi jauhkan dari anjing agar ia tidak menendang dan mencerai beraikannya. Tarik dan sesuaikan posisi selang air atau nyalakan keran pada bak mandi. Tentukan temperatur air yang tepat, anjing memiliki kulit yang lebih sensitif. Siapkan air dengan suhu yang hangat.

           Mintalah seseorang membantu Anda jika diperlukan.

2             2.  Sikat bulu anjing secara menyeluruh. Inilah saat yang baik untuk memeriksa masalah                           kulit/bulu/kesehatan yang mungkin ada pada anjing, sekaligus menenangkan dan menunjukkan           pada anjing Anda bahwa ia dicintai. Jika Anda melihat adanya kutu, kunjungi dokter hewan                 atau Anda dapat membuang kutunya sendiri.

3         3. Pilih sampo yang cocok. Jika anjing Anda sering menggaruk badannya, periksa apakah hal ini            disebabkan oleh parasit, alergi, atau hanya iritasi kulit. Jika anjing Anda mengalami serangan              parasit, pilih shampo yang mengatasi masalah spesifik atau kutu dari toko hewan/eceran                      terdekat.

Anda mungkin akan memerlukan sampo Permethrin untuk membasmi kutu. Jika tidak, pilihlah sampo yang lembut, atau buat sampo Anda sendiri. Banyak anjing alergi terhadap cairan kimia yang terdapat di sampo-sampo tertentu. Beberapa sampo anjing pada umumnya diformulasikan dengan havermut untuk mengurangi iritasi. Jika Anda memiliki seekor anak anjing, pastikan bahwa ia sudah cukup umur untuk menggunakan sampo yang telah Anda pilih.

            Langkah utama untuk mengurangi iritasi adalah dengan "membilas anjing Anda sampai bersih" setelah ia dimandikan. Anda bisa melakukannya dengan sambungan selang khusus yang dirancang untuk membantu pembilasan anjing secara menyeluruh. Sambungan ini tersedia baik untuk wastafel (bagi anjing kecil) ataupun pancuran bagi anjing yang lebih besar. Selalu bilas anjing dengan air bersih, Anda tidak perlu menggunakan cangkir bilasan. Beberapa sambungan menyiapkan selang yang panjang dan penyemprot sehingga Anda hanya tinggal menyemprotkannya dari atas ke bawah pada bagian bawah tubuh anjing untuk membilas perutnya. Anjing Anda akan menikmatinya seperti ia sedang di spa! Saat musim panas, Anda dapat membilas anjing dengan selang biasa di luar rumah.

4         4.   Rapikan dan basahi bulu anjing Anda, lalu usapkan sampo. Mulailah dengan bagian kepala.                 Pijatkan sampo ke lipatan-lipatan kulit, atau bagian yang tersembunyi, seperti di bawah kaki               depan dan lehernya. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, gunakan jari jempol atau jari-jari             lainnya dalam memijat. Pijatlah secara memutar. Pastikan Anda menggosok area-area yang                 mudah kotor secara menyeluruh.

5          5.  Cuci kepala dan mukanya. Hal ini sangat penting jika anjing Anda sedang atau pernah                         mengalami masalah kutu. Pencucian pada bagian kepala dan muka akan menghanyutkan kutu             ke tubuh anjing, sehingga membuat kutu-kutu ini lebih mudah dibasmi. Jika sampo anjing                   Anda tidak ditandai "aman bagi mata", siapkan sehelai kain basah yang hangat dan gosok muka           dan bagian bawah dagunya dengan lembut. Gunakan air hangat, karena air hangat akan                       membantu dalam menyingkirkan kutu.   
  
      Berhati-hatilah, JANGAN biarkan sampo masuk ke mata, hidung, telinga, atau mulut anjing Anda.

 Bagian dalam telinga merupakan tempat persembunyian favorit bagi kutu, tetapi pada anjing dengan jenis telinga besar (Shih-tzu, Bloodhound, Maltese, dll.), infeksi dapat terjadi jika bagian dalam telinga mereka basah. Untuk anjing-anjing jenis seperti ini, bersihkan bagian dalam telinga hanya dengan handuk yang sedikit basah, atau gunakan kain penyeka yang lembab (jangan gunakan cotton buds karena dapat melukai telinga anjing Anda).
·         Biarkan sampo selama diperlukan.

6  .  Bilas anjing Anda sampai air dapat mengalir lancar melalui bulu-bulunya, lalu bilas sekali lagi. Jika anjing Anda menghindari pembilasan pada area muka, gunakan tangan Anda untuk mengarahkan air dari selang ke arah mukanya. Lakukan hal ini berulang-ulang untuk membilas. Anda juga dapat menggunakan handuk basah dan menyeka air dalam gerakan memutar kecil-kecil.

7  .  Ambil handuk besar atau kecil, tempatkan di atas punggung anjing Anda, dan gosokkan hingga anjing Anda kering. Pastikan Anda juga mengeringkan bagian dalam telinganya. Berhati-hatilah, insting anjing akan menyuruhnya untuk mengibaskan badan ketika ia basah. Di musim dingin, atau hampir selalu bagi anjing kecil, letakkan sehelai handuk kering di lantai dan gunakan pengering rambut dan sikat anjing untuk mengeringkan serta menyikat anjing Anda.

Anda bisa menyemprotkan parfum khusus anjing pada anjing Anda. Parfum ini bisa dibeli di toko anjing langganan Anda. Berhati-hatilah dalam memilihnya; beberapa anjing dapat memberikan reaksi alergi, jadi pastikan Anda telah berkonsultasi dengan dokter hewan atau perawat anjing profesional sebelum Anda menggunakan parfum tersebut.

        Bagi anjing yang rentan terkena infeksi telinga, berikan 2 tetes pembilas dari dokter hewan. Pembilas ini akan membantu mengeringkan telinga anjing.

        Seekor anjing dapat dikatakan belum dimandikan dengan benar sampai bulu-bulu di dalam telinganya ditarik keluar; hal ini terutama sangat penting bagi anjing yang rentan terkena infeksi telinga (dokter hewan Anda atau perawat anjing profesional dapat memberitahu Anda tentang bagaimana melakukan hal ini).


0 Response to "Membasmi Kutu Anjing"

Posting Komentar