Jenis Dan Tips Mengatasi Kutu Pada Anjing

Jenis Dan Tips Mengatasi 
Kutu Pada Anjing

Bulu halus dan hangat yang dimiliki anjing merupakan lingkungan yang nyaman bagi kutu (flea), caplak (tick), dan tungau (mites). Mereka adalah parasit eksternal yang menyedot darah anjing Anda dan juga dapat menularkan beberapa penyakit pada anjing kita. Berikut adalah penjelasan mengenai jenis-jenis kutu dan cara membasminya.

a.      Flea
Flea sangat kecil, serangga yang berbentuk bulan sabit. Flea adalah hospes perantara untuk cacing pita dan dapat menyebabkan anemia karena kehilangan darah.
Flea akan menyedot darah anjing Anda dan kemudian pergi. Mereka biasanya berkeliaran di lingkungan dimana anjing anda berada (tempat tidurnya), rumah atau halaman, atau di karpet Anda.

     b.    Penyakit yang Muncul Akibat Flea
  • Anemia
    Karena kutu bisa membesar 15x lebih besar dari berat tubuh awalnya sejak menghisap darah anjing yang dihinggapinya, maka mereka dapat menguras banyak darah dari anjing tersebut. Anjing yang kehilangan banyak darah akan mengalami anemia terutama sangat retan bagi anak anjing. Tanda adanya anemia tampak dari gusi pucat dan kekurangan energi.
  • Infeksi kulit akibat kutu
    Kutu merupakan penyebab paling umum penyakit kulit pada anjing. Saat kutu mengigit, saat itu juga masuk air liur kutu ke dalam tubuh anjing. Hal ini yang memicu reaksi alergi seperti infeksi kulit (disebut juga flea allergy dermatitis). Tanda-tandanya infeksi kulit meliputi rasa gatal, bulu rontok (terutama di depan ekor), koreng, kulit merah-merah dan iritasi.


c.      Tanda peringatan adanya kutu (flea)
  • Kotoran kutu (bintik gelap) pada bulu











  • Telur kutu (bintik putih) pada bulu
  • Anjing sering menjilat atau menggaruk secara berlebihan
  • Bekas luka/koreng atau iritasi kulit/hot spot pada kulit anjing













Jika di anjing Anda tedapat Flea (kutu), ada tiga pendekatan untuk mengatasinya:
  • Pada anjing Anda:
    Bicaralah dengan dokter hewan Anda tentang resep untuk produk sistemik seperti Program atau Sentinel. Seperti ketika Flea (kutu) menggigit anjing Anda, darah yang dihisap mengandung zat pengontrol kutu.
  • Di rumah:
    Semprot karpet, tempat tidur anjing, dan celah-celah dengan pengatur pertumbuhan serangga dan bahan yang instant untuk membunuh serangga dalam ruangan. Pastikan Anda membaca dan ikuti petunjuk.
  • Di halaman:
    Gunakan spray dirancang untuk penggunaan outdoor yang berisi pengatur pertumbuhan serangga.

d.    Ticks

















Kutu berkaki delapan adalah serangga yang membenamkan kepala mereka di kulit anjing untuk mendapatkan makanan. Mereka akan tinggal di anjing sampai kenyang, dan tetap tinggal disana sambil berkembang biak. Seperti Flea, Ticks dapat menyebabkan penyakit pada anjing dan manusia. Yang paling mematikan saat ini adalah penyakit Lyme, mintalah saran dokter hewan Anda apakah penyakit Lyme lazim di wilayah Anda.

e.      Tanda peringatan adanya caplak (Tick)

Anda bisa merasakan caplak saat membelai anjing Anda dan bisa melihatnya secara jelas dengan mata telanjang. Caplak biasanya sering berada di dekat kepala, leher, telinga atau telapak kaki. Caplak bisa membawa penyakit yang berbahaya dan tidak butuh lama bagi anjing untuk terjangkit penyakit saat caplak sedang menghisap darahnya. Jika Anda menemukan caplak pada anjing Anda, cobalah untuk segera menghilangkannya secepat mungkin. Caplak berada pada rumput yang tinggi atau semak-semak dan menunggu mangsanya lewat. Caplak umumnya ada pada cuaca yang hangat.

f.      Tanda -tanda adanya penyakit yang ditularkan caplak (Tick)

Penyakit lyme, Rocky Mountain Spotted Fever, dan ehrlichiosis menyebabkan gejala yang sama pada anjing, yaitu:
  • hilang selera makan
  • demam
  • pembengkakan kelenjar getah bening
  • pembengkakan sendi atau nyeri
Penyakit-penyakit tersebut bisa menyebabkan komplikasi serius, sehingga pengobatan yang cepat sangat penting. Penyakit lain yang juga bisa disebabkan oleh caplak adalah:
  • Kekurangan darah/anemia
  • Iritasi atau infeksi kulit- Paralysis / kelumpuhan
    Kelumpuhan mengacu pada lemahnya otot yang disebabkan oleh racun yang dihasilkan oleh caplak tertentu. Kebanyakan anjing bisa cepat sembuh setelah caplaknya dihilangkan.
g.     Cara aman dan efektif menghilangkan caplak (Tick)
  • Gunakan sarung tangan atau tisu untuk menutupi tangan Anda
  • Tarik caplaknya dengan menggunakan pinset dari samping melalui kepalanya yang dekat dengan kulit
  • Tarik lurus, jangan diputar
  • Jangan menekan bagian perut caplak yang besar (pastikan jangan sampai bagian perutnya pecah)
    Cuci area gigitan pada anjing Anda dan tangan Anda. Bagian mulut caplak yang tersisa biasanya jarang menimbulkan masalah yang serius. Namun jika Anda khawatir, hubungi dokter hewan.
h.    Memerangi kutu (Flea) dan caplak (Tick)

  • Sampo
    Sampo untuk kutu dan caplak berguna untuk membunuh kutu dan caplak yang ada pada anjing Anda. Produk ini kurang efektif dalam pencegahan. Anda bisa membeli sampo tanpa resep dokter, tapi pastikan mengikuti petunjuk yang ada dengan cermat. Anda perlu menaruh samponya diseluruh tubuh anjing dan tunggu 10 menit sebelum dibilas.
  • TabletPengobatan kutu secara oral seperti tablet tersedia untuk anjing tetapi tidak bekerja melawan caplak. Salah satu tipe yang disebut Capstar adalah obat yang paling cepat membunuh kutu dewasa dalam waktu 24 jam. Obat lainnya menjaga agar telur kutu tidak menetas dan diberikan sebulan sekali. Beberapa obat kutu membutuhkan resep dokter.
  • Obat Topical
    Obat topical digunakan pada punggung anjing Anda dan sangat efektif selama satu bulan. Beberapa obat topical membunuh kutu dan caplak, ada juga yang membunuh kutu dan telurnya. Pastikan untuk membeli produk yang sesuai untuk anjing Anda dan ikuti petunjuk dengan seksama seperti dosis yang tepat sesuai ukuran anjing. Konsultasikan dengan dokter hewan jika Anda masih bingung dengan dosis yang tepat untuk anjing Anda.
i.       Mites (Tungau)
Tungau ada dimana-mana dan tidak terlihat mata. Anjing memiliki tungau mereka sendiri, meskipun kita tidak dapat melihat mereka. Ada dua jenis tungau ditemukan pada anjing: demodetic dan sarcoptic.

Tungau Demodectic ada pada anjing sepanjang waktu dan biasanya tidak menyebabkan masalah. Tapi terkadang, ketika anjing berada di bawah stres atau dalam pubertas, tungau akan menyerang. Akan timbul botak kecil, biasanya muncul di wajah dahulu, dan kemudian menyebar. Botak kecil tersebut jarang gatal, dan anjing tidak tampak terganggu sama sekali. Namun untuk anjing yang sudah tua, hal ini dapat menyebabkan kudis. Bila Anda menemukan botak kecil, cobalah untuk menghubungi dokter hewan, bila tidak berpengalaman, jangan mencoba untuk mengobati demodex sendiri. Tungau Demodectic tidak hidup pada orang.

Tungau sarcoptic menyebabkan gatal parah, dan anjing akan menggaruk terus menerus, bahkan sampai berdarah. Seperti kudis demodectic, masalah ini memerlukan perawatan dokter hewan. Kudis yang disebabkan Sarcoptic dapat menular ke hewan peliharaan lain dan orang.
Bila Anda sudah cukup berpengalaman, sebenarnya membunuh Tungau cukup mudah. Anda dapat menggunakan cara:
  • Cara tetes, menggunakan Amitraz
  • pour-on miticides (alkohol berdasarkan Ivomec)
  • atau produk oral (Milbemycin – Interceptor)
Kondisi ini juga mungkin perlu diobati dengan antibiotik untuk infeksi bakteri sekunder dan kortikosteroid untuk mengurangi gatal yang intens dan peradangan.


1 Response to "Jenis Dan Tips Mengatasi Kutu Pada Anjing"

  1. Saya mau beli interceptor atau milbemycin, gimana cara beli atau contact nya yah ? Thannks

    BalasHapus